Kamis, 04 Desember 2008

Perbedaan Google AdSense & Google Analytics:

Apa itu Google AdSense?
AdSense merupakan fitur yang ditawarkan Google buat para web publishers untuk memperoleh penghasilan online dari situs yang dikelolanya. Barangkali, yang ditawarkan Adsense ini merupakan cara paling simpel dan cepat untuk memperoleh penghasilan lewat Internet.
Ada
dua kategori program:
(1) AdSense for Content
(2) AdSense for Search.

  1. AdSense for Content
    Untuk mengetahui lebih dekat, silahkan kunjungi situs www.testmagic.com, sebuah situs yang memberikan informasi cuma-cuma tentang tes TOEFL, GMAT, GRE, GSAT dan sejenisnya. Bila Anda lihat di bagian atas dan kolom paling kanan, akan terlihat sebuah box dengan teks Ads by Google berisikan satu atau lebih iklan tertentu. Iklan-iklan ini biasa disebut sebagai Google AdWords sedangkan program pemasangan iklan pada situs itu dikenal dengan istilah Google AdSense. Bila ada pengunjung yang meng-klik salah satu iklan yang terpasang di situs-nya, maka Google akan memberikan komisi pada pemilik situs yang besarnya sangat bervariasi (Sepenuhnya ditentukan oleh Google untuk masing-masing AdWords). Cukup simpel bukan?

2. Google AdSense for Search?
Senada dengan AdSense, hanya saja AdSense for Search melibatkan mesin pencari Google dalam menentukan jenis Adwords yang muncul. Jadi, pengunjung sebuah situs melakukan pencarian terhadap kata kunci (keyword) tertentu lewat mesin pencari Google yang disediakan oleh pemilik situs. Bila pengunjung menemukan iklan dan dengan baik hati mengklik-nya, maka si pemilik situs akan memperoleh komisi dari Google untuk setiap klik.


Google Analytics:

google analytics adalah layanan yang hampir sama dengan layanan yang ada pada cpanel yaitu awstats keduanya menyediakan data serta laporan lengkap mengenai jumlah pengunjung dari mana pengunjung itu datang, dengan keyword apa mereka datang ke blog kita, berapa jumlahnya, jam berapa, serta menggunakan browser apa mereka dan lain sebagainya jadi merupakan sebuah laporan yang sangat penting artinya buat orang yang berkepentingan seperti blogger, affiliate marketer, web publisher, web master atau yang lain, untuk mengetahui informasi tersebut dan menggunakan info tersebut untuk perkembangan dan kelangsungan blog yang bersangkutan

kenapa butuh dua alat untuk mengetahui data statistik jumlah pengunjung karena, selain untuk membandingkan data yang diterima dari kedua layanan tersebut, ada beberapa perbedaan diantara keduanya seperti jumlah prosentase asal pengunjung di google analytics bisa di lihat di kolom traffic sources overview yang menyajikan data prosentase asal traffic dari search engines, direct traffic, dan reffering sites sedangkan di awstats tidak terdapat model prosentase semacam ini, dan setelah beberapa hari saya bandingkan keduanya mempunyai perbedaan tentang jumlah traffic yang datang meskipun tidak terlalu besar jumlah perbedaanya tetap merupakan sebuah info yang berharga bagi saya selain itu dengan menggunakan kedua layanan tersebut saya memiliki dua informasi dari dua sumber berbeda yang akan menjadikan data-data yang kita terima menjadi lebih obyektif.

Bagi yang ingin memakai google analitics dan tidak ingin di pusingkan dengan pemasangan java script di theme mungkin plugin ini adalah sebuah pilihan, tentang tata cara penggunaan bisa di baca di readme yang telah disediakan bersama dengan file yang telah di download dan sedikit tips untuk mengetahui apakah pemasangan plugin tersebut berhasil lihat saja di page source jika berhasil maka akan muncul kode java script google analytics, tentu kita harus punya account di google agar bisa menikmati layanan ini semoga berguna.



Perbedaan Google AdSense & Google Analytics:

Google AdSense merupakan fitur yang ditawarkan Google buat para web publishers untuk memperoleh penghasilan online dari situs yang dikelolanya. sedangkan Google Analytics adalah layanan yang menyediakan data serta laporan lengkap mengenai jumlah pengunjung dari mana pengunjung itu datang, dengan keyword apa mereka datang ke blog kita, berapa jumlahnya, jam berapa, serta menggunakan browser apa mereka dan lain sebagainya jadi merupakan sebuah laporan yang sangat penting artinya buat orang yang berkepentingan seperti blogger, affiliate marketer, web publisher, web master atau yang lain, untuk mengetahui informasi tersebut dan menggunakan info tersebut untuk perkembangan dan kelangsungan blog yang bersangkutan


Tidak ada komentar: